Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Gelar FGD

Moderasi beragama saat ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Artinya dalam lima tahun ke depan akan dilakukan penguatan-penguatan program moderasi beragama di Indonesia.

Kementerian Agama sebagai leading sector terus melakukan penguatan di seluruh lini, tak terkecuali di dunia perguruan tinggi. Salah satunya dengan mengembangkan Rumah Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau Dr. Azni, M.Ag, saat menyampaikan laporan acara Launching Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau dan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (8/12/2020).

Azni mengatakan secara De Jure RMB UIN Suska sudah berdiri sejak 28 Januari 2020 yang ditandai dengan Surat Keputusan Rektor UIN Suska tertanggal 28 Januari 2018.

Adapun peserta FGD terdiri dari pengurus organisasi kemasyarakatan yakni NU dan Muhammadiyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Ikatan Mesjid Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, dan Ittihadul Muballighin, Kementerian Agama Provinsi Riau, Kesbangpol Provinsi Riau, organisasi media, dan perguruan tinggi di Pekanbaru.

Kegiatan dialog ini menampilkan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Plt Rektor Prof Dr Suyitno, MAg, Wakil Rektor 1 Dr Suryan A Jamrah, Kepala Seksi Penelitian dan Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Agama Mahrus MA. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *